Enter your keyword

Biro Administrasi Umum dan Informasi meraih Juara 2 Penatalaksanaan Rumah Tangga (Housekeeping)

Biro Administrasi Umum dan Informasi meraih Juara 2 Penatalaksanaan Rumah Tangga (Housekeeping)

Biro Administrasi Umum dan Informasi meraih Juara 2 Penatalaksanaan Rumah Tangga (Housekeeping)

Bandung, bai.itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) melaksanakan kegiatan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan ITB Kampus Jatinangor, pada hari Kamis (17/8/2023). Upacara tersebut diikuti seluruh civitas akademika ITB dari mulai jajaran Rektor, para Wakil Rektor dan Sekretaris Institut, dosen, tenaga kependidikan, juga mahasiswa baru.

Pada upacara Peringatan Kemerdekaan RI di ITB Kampus Jatinangor, Rektor memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30, 20, dan 10 Tahun dari Pemerintah RI dan Penganugerahan Penghargaan Pengabdian 40 Tahun, 35 Tahun, dan 25 Tahun dari ITB, dan juga penyerahan hadiah bagi unit kerja yang telah mengikuti kegiatan “Sustainable and Green Campus dalam Penatalaksanaan Rumah Tangga (HouseKeeping). Pada kesempatan tersebut Biro Administrasi Umum dan Informasi mendapat penghargaan dengan peringkat ke 2 setelah ITB kampus Jatinangor.

Kegiatan sustainable and Green Campus dalam penataalaksanaan Rumah Tangga (House Keeping) di lingkungan Biro Administrasi Umum dan Informasi dilakukan dengan melibatkan staf dan tenaga kebersihan. Langkah-langkah kegiatan kebersihan dilingkungan kantor Biro Administrasi Umum dan Informasi yang dilakukan secara rutin dan berkelanjutan, seperti:

  1. Program Kebersihan, Kerapihan, dan Keindahan
    • Pembersihan ruangan dilakukan oleh petugas dari BKS, dilaksanakan secara rutin setiap hari pada pukul:
      • 06.30 WIB membuang sampah, menyapu/mengepel, mengelap meja, di seluruh ruangan, dilanjutkan dengan mencuci piring/gelas yang kotor
      • 14.00 WIB mengambil sampah dari seluruh ruangan, membersihkan ruang rapat (sekaligus pantry), dan mencuci piring/gelas yang kotor, dan dan menyemprot ruangan dengan disinfectant spray.
    • Pembersihan ruangan rapat dilaksanakan langsung setelah rapat selesai dilaksanakan
    • Pengelapan jendela dan pembersihan area luar dilaksanakan setelah area bagian dalam selesai
    • Penyediaan pengharum ruangan, disinfectant spray, tissue, hand sanitizer, penghancur kertas (untuk menghancurkan berkas agar tidak menumpuk dan meminimalisir debu juga nyamuk) dan masker (jika dibutuhkan).
    • Penyediaan tempat sampah di beberapa sudut ruangan
    • Penyediaan Air Purifier di setiap ruangan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat
  2. Pemeriksaan rutin kebersihan Kondisi Ruangan dan Teras
    Kebersihan ruangan menjadi tanggungjawab kita semua, staf Biro Administrasi Umum dan Informasi diminta untuk saling mengingatkan dan melakukan kebersihan di lingkungan sekitar ruangan, hal ini untuk memastikan agar ruang terlihat rapih dan bersih.
  3. Upaya Penghematan dan Penyediaan Fasilitas Kebersihan
    • Upaya Penghematan Listrik, Air dan Kertas.
    • Penggunaan AC seperlunya.
    • Penggunaan Lampu LED untuk mengganti lampu Neon.
    • Menggunakan TV LED untuk keperluan rapat.
    • Mengurangi penggunaan kertas untuk keperluan administrasi dan surat menyurat.
    • Penggunaan Printer wifi untuk digunakan bersama.
    • Mesin fotokopi diganti dengan printer laser dan digunakan seperlunya.
    • Penggunaan air secukupnya menggunakan fasilitas (toilet) umum yang tersedia.
  4. Penyediaan Fasilitas Kebersihan dan Penganggaran
    • Penyediaan peralatan dan perlengkapan kebersihan (tempat sampah, pembersih lantai, tissue, dll):
    • Mengalokasikan anggaran rutin secara khusus untuk penyediaan fasilitas kebersihan
    • Menambah jumlah petugas (melibatkan BKS DitSP) untuk membantu membersihkan ruangan dan memilah sampah


  5. Upaya Sosialisasi/Edukasi dan Penerapan Konsep “Sustainable and Green Campus”
    • Pemberian pemahaman kepada seluruh staf akan pentingnya menjaga kebersihan
    • Pembiasaan hidup sehat dan bersih
    • Pengarahan kepada seluruh petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan dan melakukan pemilahan sampah
    • Penyediaan dispenser di Ruang Rapat (untuk menghindari penggunaan air mineral botol) dan himbauan bagi peserta rapat untuk membawa tumbler
    • Penggunaan gelas (goblet) untuk Rapat Pimpinan

    • Pembagian Tugas Kebersihan ruangan di pagi hari:
      • Ruang Biro Administrasi Umum: Petugas dari BKS
      • Ruang Sekretaris Institut, Ruang Kabiro, Ruang Sekretariat: Staf BAUI
      • Ruang Rektor dan Ruang Sekretariat Rektor: Petugas BKS
      • Ruang Arsip dan Kantor Lt. 2 Mesjid: Staf BAUI
      • Ruang Rapat:- Ruang Rapim A: Petugas BKS dan Staf BAUI
      • Ruang Pra Rapim, Ruang VIP: Petugas BKS dan Staf BAUI
      • Ruang Rapat Biro Administrasi Umum: Petugas BKS dan Staf BAUI
    • Penyediaan Tanaman Hidup
      Tanaman hidup disediakan di seluruh ruangan, namun saat ini seluruh tanaman kondisinya kurang baik karena tidak terpapar sinar matahari, sehingga saat ini dalam kondisi pemulihan di area luar/teras, dan pemelihaaran di lantai 2 dekat ruang Arsip Rektorat.

    • Pemanfaatan Ulang Furnitur Lama
      Melakukan rekondisi furnitur lama sehingga dapat digunakan kembali, diantaranya dengan melakukan pengecatan ulang Filling Cabinet lama sehingga dapat digunakan dan dimanfaatkan kembali.